431 Pejabat Kementerian ESDM Dilantik Hari Ini

Hari ini, tanggal 20 Juli 2016, sebanyak 431 pejabat truktural eselon II, III dan IV di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi dilantik langsung oleh Bapak Sudirman Saiq, selaku Menteri ESDM. Pelantikan ini tertuang di Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 6077 K/73/SJN/2016 (eselon II, sebagaimana terlampir), 6078 K/73/SJN/2016 (Eselon III) dan 6090 K/73/SJN/2016 (eselon IV). Pelantikan ini merupakan pelantikan terbesar kedua, setelah Menteri ESDM pada Juni tahun lalu, melantik sebanyak 362 pejabat struktural III dan IV.

Pelantikan Pejabat ESDM

Pelantikan ini pun sedikit agak berbeda, biasanya pelantikan dilakukan di Kantor Pusat Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, namun pelantikan ini dilakukan di auditorium Gedung Arsip ESDM, yang beralamatkan di Jalan Yaktapena Raya, Pondok Ranji, Tangerang.

Sudirman Saiq

Sudirman Saiq menjelaskan, bahwa pelantikan ini merupakan langkah penyegaran yang masif, dan sekaligus penataan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja di lingkungan Kementerian ESDM. Adapun 431 pejabat yang dilantik hari ini terdiri dari 15,9% atau sebanyak 125 orang promosi, 18,4% atau sejumlah 145 orang perubahan nomenklatur, dan 137 (17,4%) orang rotasi internal, serta 24 orang ini atau sekitar 3,1% rotasi antar unit. Selain melantik pejabat, Kementerian ESDM juga membentuk organisasi baru sebanyak empat, yakni Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE pada Ditjen EBTKE, Biro Organisasi dan Tata Laksana pada Sekretariat Jenderal, Direktorat Penerimaan Negara Minerba pada Ditjen Minerba, dan Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas pada Ditjen Migas.

ESDM

Sampai saat ini, telah lebih dari 1.000 peristiwa baik itu rotasi, promosi, maupun demosi sudah dilakukan. Demi menyegarkan dan menata 800 jabatan yang ada di Kementerian ESDM. Dengan kata lain, hampir semua para pejabat telah mengalami perpindahan tugas atau tour of duty, baik itu secara horisontal atau rotasi, maupun vertikal atau promosi.

Menteri Sudirman menuturkan bahwa pejabat yang telah dilantiknya hari ini merupakan barisan terdepan dalam pencapaian kinerja. Mereka semuanya pun dituntut untuk dapat menjadi agen perubahan dan melakukan berbagai inovasi terhadap segala upaya perbaikan di bidangnya masing-masing. Sudirman pun juga menegaskan bahwa tantangan terbesar dalam mengemban amanat yakni, menyamakan satu pikiran, visi, dan saling menghormati serta saling menghargai satu sama lain. Beliau pun juga menegaskan bahwa transparansi dalam pengelolaan di sektor ESDM sangatlah penting.

Pekerjaan bersama yang menjadi tantangan ke depan adalah melanjutkan reformasi di bidang energi, selalu menjaga intergritas, dan konsistensi, serta kompetensi. Hal tersebut tentunya bertujuan untu menghilangkan politik populis, vested interest, dan cara pandang yang sempit.

Sebagai kalimat penutup, Sudirman Saiq selaku Menteri Kementerian mengucapkan selamat, dan berharap semoga seluruh pejabat yang dilantik hari ini dapat bekerja sesuai yang sudah diamanahkan, dan bertanggungjawab akan segala yang diberikan, serta bekerja keras demi kemajuan bangsa Indonesia ini. Terima Kasih.

 

This entry was posted in Investasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.